0812 3057 3966 ORDER VIA WHATSHAP

Penyebab AC Tidak Dingin Dan Cara Mengatasinya

Udara yang bersih dan sejuk kini telah menjadi kebutuhan bagi semua orang. Apalagi bagi kita yang bekerja dan bertempat tinggal di wilayah perkotaan yang memiliki cuaca dengan hawa panas menyengat yang terkadang sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Dengan kondisi seperti itu tentu udara yang bersih dan sejuk semakin menjadi kebutuhan.
Penyebab AC Tidak Dingin Dan Cara Mengatasinya
PENYEBAB AC TIDAK DINGIN DAN CARA MENGATASINYA
Mungkin di zaman serba canggih dan modern seperti sekarang ini kita bisa mendapatkan udara yang bersih dan sejuk dengan memanfaatkan Air Conditioner atau biasa kita sebut dengan AC.
Yah, sebuah perangkat elektronik yang berfungsi menyaring dan menurunkan temperatur suhu udara di dalam sebuah ruangan. Namun sebagaimana perangkat elektronik pada umumnya tentu AC juga pernah mengalami trouble atau masalah. Entah, itu AC tidak dingin, Bunyi, meneteskan air atau mungkin tidak bisa di remote.
Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa Penyebab AC Tidak Dingin Dan Cara Mengatasinya dengan benar dan tepat.
INILAH BEBERAPA PENYEBAB AC TIDAK DINGIN DAN CARA MENGATASINYA
  • PENGATURAN REMOTE AC TIDAK SESUAI ATAU SALAH MODE REMOTE
Salah satu penyebab AC tidak dingin, bisa dari salahnya pengaturan posisi mode AC melalui remote control AC. Hal, ini sering kami temui saat melakukan pelayanan service & maintenance AC di tempat para custamer kami. 

Pengaturan mode remote yang salah menyebabkan hembusan angin yang keluar dari unit AC anda hanya terasa angin tanpa adanya udara dingin. Jika demikian AC anda dalam posisi mode Dry sehingga menyebabkan outdoor AC tidak berjalan, itulah yang menyebabkan AC menjadi tidak dingin sama sekali.

Solusinya adalah dengan cara merubah pengaturan remote AC anda ke posisi auto atau pun Cool (Biasanya memakai lambang 🔅 seperti ini). Sehingga AC outdoor AC akan otomatis start dan AC anda kembali dingin seperti sebelumnya.
Selain itu anda juga mengatur fan motor atau kipas indoor ke level maksimal sehingga hembusan angin yang di hasilakan akan menjadi lebih kencang.
  • AC KOTOR DAN SUDAH WAKTUNYA DI BERSIHKAN
Penyebab kedua AC menjadi tidak dingin adalah karena AC kotor dan sudah waktunya di bersihkan atau di cuci. Kondisi AC yang kotor mengakibatkan jalannya sirkulasi udara menjadi kurang maksimal karena AC tertutup oleh debu dan kotoran. Selain itu kondisi AC yang kotor dapat mengakibatkan naiknya ampere pada unit outdoor sehingga menyebabkan AC menjadi tidak dingin.


Solusinya tentu saja adalah segera melakukan pencucian AC, jika anda tidak bisa mengerjakannya sendiri mintalah bantuan teknisi langganan yang sudah anda percaya. Saran kami lakukanlah perawatan atau pencucian AC secara rutin dan berkala maksimal setiap 3 bulan sekali agar AC anda tetap terjaga kualitas pendinginannya.
  • TEGANGAN (VOLTASE) LISTRIK TIDAK STABIL ATAU NAIK TURUN
Penyebab ke tiga kenapa AC tidak dingin, padahal sudah dilakukan pencucian adalah tegangan atau voltase listrik yang tidak stabil. Voltase di bawah standar 220volt dapat menyebabkan AC anda berjalan dengan tidak normal atau malah tidak mau menyala sama sekali.

Menurut pengalaman yang kami temui dalam kasus seperti ini adalah indoor tetap berjalan dengan normal tetapi outdoor tidak berjalan sebagaimana mestinya atau tidak mau menyala sama sekali, sehingga menyebabkan AC menjadi tidak dingin. 
Solusinya adalah memakai alat yang bernama stabilizer atau memanggil petugas PLN untuk memperbaiki tegangan listrik di tempat anda.
  • KAPASITAS PENDINGINAN TIDAK SESUAI DENGAN LUAS RUANGAN
Taukah anda jika kapasitas pendinginan AC itu berbeda-beda, Jika anda tidak menyesuaikan besar kapasitas pendinginan AC dengan luas ruangan itu bisa menjadi penyebab AC tidak dingin.

Solusinya adalah dengan menyesuaikan kapasitas AC yang anda gunakan. Contoh anda memiliki kamar dengan luas 3x3 m2, anda cukup menggunakan AC dengan kapasitas 0.5 PK.
  • TEKANAN FREON AC KURANG ATAU KOSONG
Sebagai zat yang mengandung titik didih yang sangat rendah, gas refrigerant atau freon bermanfaat sebagai bahan pendingin sebuah perangkat pendingin seperti AC dan kulkas. Oleh karena itu jika sebuah AC kurang atau habis gas freonnya maka akan menjadi penyebab AC tidak dingin atau kurang dingin.
Pada dasarnya freon AC tidak bisa habis secara total jika tidak terdapat kebocoran pada unit atau pipa instalasi AC anda. Namun freon dapat berkurang sedikit demi sedikit akibat pemuaian. Maka dari itu lakukanlah perawatan AC anda secara rutin dan berkala maksimal setiap 3 bulan sekali.

Solusinya segera lakukan pengecekan terhadap unit atau instalasi pipa AC anda. Jika anda tidak bisa melakukannya sendiri, panggilah teknisi AC langganan anda untuk melakukan pengecekan apakah terdapat kebocoran pada unit atau instalasi pipa anda, jika terdapat kebocoran harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum pengisian atau penambahan volume gas freon pada AC.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Penyebab AC Tidak Dingin Dan Cara Mengatasinya semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda mengenai Air Conditioner atau AC. Sebenarnya masih banyak sekali penyebab AC tidak dingin, seperti kompresor rusak atau jebol (ampere tinggi), Kapasitor running atau fan sudah lemah, dll. Terima kasih atas kunjungan anda.
0812 3057 3966 ORDER VIA WHATSHAP
SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel